memilih-cms

Sebelum melangkah ke tahap instalasi website, kita harus memilih CMS apa yang akan digunakan sebagai mesinnya.

Apa itu CMS?

CMS singkatan dari Content Management System.  Adalah aplikasi/perangkat lunak berbasis web yang digunakan untuk membuat, menambah atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs web.

Jika kita flash back ke era tahun 2000-an awal, website dibuat menggunakan bahasa HTML. Hal itu tentu menyulitkan bagi orang awam.

Hingga akhirnya muncullah CMS.

CMS hadir memberikan kemudahahan kepada pemilik web untuk mengelola isi webnya tanpa harus berkutat dengan bahasa pemrograman.

Untuk menyederhanakan istilah, CMS bisa kita terjemahkan sebagai “Mesin Web”.

Saat ini tersedia beragam CMS di dunia, baik itu yang gratis maupun berbayar. Diantaranya adalah:

Dari beragam CMS tersebut terdapat kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga kita perlu memilih yang paling ideal sesuai kebutuhan dan kondisi kita.

Memilih CMS

Beragamnya jenis CMS tentu membuat kita bingung dalam memilih. Padahal penentuan CMS mana yang akan digunakan harus dilakukan di awal sebelum membuat sebuah website.

Untuk itu, supaya urusan memilih CMS menjadi mudah perhatikan beberapa kriteria di bawah ini:

  1. Popularitas CMS
  2. Kemudahan pengoperasian
  3. Kemudahan Kustomisasi tampilan
  4. Kemudahan pengembangan
  5. Dukungan komunitas
  6. Harga

Opensourcecms. melakukan survey CMS apa saja yang digunakan di dunia. Hasil yang diperlihatkan pada grafik di bawah ini dapat kita jadikan acuan sebelum memutuskan akan menggunakan CMS apa.

memilih CMS

Sumber: http://www.opensourcecms.com/

Berdasarkan hasil survey di atas, WordPress menjadi CMS terbanyak yang dipakai di dunia dengan market share hingga 67%.

Lalu apa CMS yang akan digunakan pada panduan bikin web sendiri?

WordPress jawabannya …

Mengapa Memilih CMS WordPress?

  1. Mudah dioperasikan, bahkan untuk pemula sekalipun. WordPress mendukung Bahasa Indonesia, hal ini tentu memudahkan kita yang tidak begitu paham bahasa Inggris. Memposting artikel sangat mudah. Cukup dengan beberapa klik Anda sudah bisa memposting artikel ke seluruh dunia.
  2. Mudah ganti tampilan/desain. Ribuan theme WordPress dari yang gratis hingga premium tersedia dan bisa Anda gunakan untuk mempercantik website Anda. Caranya pun mudah, tinggak klik, klik, klik, selesai!
  3. Mudah dikembangkan. Ribuan plugins juga tersedia jika fungsionalitas website Anda ingin ditingkatkan. Tersedia berbagai jenis plugins seperti contact Form, Google Map, Social Media, Guset Book, Gallery, E-Commerce dll yang dapat Anda gunakan secara gratis.
  4. Memiliki dukungan komunitas yang besar. Pengguna yang mencapai jutaan memudahkan Anda mencari solusi permasalahan yang berkaitan dengan web Anda. Artikel dan tutorial pun berserakan. Intinya, memudahkan kita ketika menemui masalah.
  5. Mendukung Mobile Device (tablet & smartphone). Semakin menjamurnya mobile device mengakibatkan aktifitas browsing pun dilakukan menggunakan mobile device. Tapi jangan khawatir karena website yang Anda buat akan tetap tampil optimal pada layar tablet atau smartphone.
  6. 100% gratis. Dengan semua kelebihan di atas, Anda bisa menggunakan CMS WordPress untuk website Anda gratis tis tis tis.

Untuk mengenal WordPress lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi website WordPress berbahasa Indonesia di sini.